Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peralatan Mekanis yang Digunakan di Proyek Konstruksi dan Pertambangan Beserta Fungsinya

Ilustrasi Proses Kegiatan Pertambangan
Berbagai jenis alat mekanis atau sering disebut dengan alat berat diciptakan atau dibuat oleh manusia untuk membantu manusia mengerjakan pekerjaan yang memerlukan tenaga yang besar dan juga kapasitas yang besar. 

Alat mekanis dibuat dengan daya tahan yang cukup kuat terutama terbuat dari bahan baja sehingga dapat mengerjakan pekerjaan yang sangat sulit dan dengan skala pengerjaan yang sangat besar.

Pada kesempatan ini saya akan memberikan ulasan singkat beberapa jenis alat mekanis yang tidak kita sadari sering kita lihat berada di lokasi proyek terutama di lokasi konstruksi bangunan bertingkat. Ini untuk menambah wawasan anda mengenai alat mekanis.

Berikut berbagai jenis alat mekanis yang sering digunakan dan sering kita lihat di sehari - hari, tanpa kita ketahui fungsi dan cara kerja alat tersebut.

#1.EXCAVATOR/BACK HOE

Back Hoe

Excavator atau sering disebut dengan Back Hoe merupakan alat mekanis yang berfungsi untuk memindahkan material dari satu tempat ke tempat lainnya dengan volume yang lebih besar. Selain itu Excavator juga berfungsi untuk mengeruk material yang bersifat lunak seperti tanah (soil). Alat ini juga berfungsi untuk memindahkan material menuju alat angkut seperti Dump Truck dan sejenisnya. Diproyek irigasi alat ini biasanya digunakan untuk mengeruk material lunak untuk membentuk parit atau saluran air.

#2.BULLDOZER 

Bulldozer

Alat ini difungsikan untuk mendorong material yang cukup besar dan berat yang diarahkan ke suatu tempat seperti lereng dan menutup lubang. Bulldozer juga difungsikan untuk mengupas (stripping) lapisan atas suatu lahan seperti top soil. Alat ini juga digunakan untuk proses land Clearing (pembersihan lahan) dari material tumbuhan seperti pohon.

#3.DRAGLINE

Dragline

Dragline difungsikan terutama untuk memuat material yang bersifat lunak seperti tanah ke alat angkut atau memindahkan material ke lokasi penimbunan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi penggalian. Alat ini banyak digunakan di proyek pertambangan yang menggunakan sistem metode penambangan Stripping Mine.

#4.GRADER 

Grader

Grader merupakan alat mekanis yang mempunyai fungsi cross (memotong) lapisan tanah bagian yang paling atas dan kemudian mendorongnya dengan menggunakan blade yang berada diantara ban depan dan ban belakamg. Alat ini juga difungsikan untuk mendorong dan meratakan material tanah yang berasal dari tumpahan dari alat angkut atau sengaja ditimbun untuk kemudian diratakan oleh alat ini.

#5.TOWER CRANE

Tower Crane

Tower Crane mempunyai fungsi yang sangat vital di dalam pengerjaan suatu proyek terutama proyek pembangunan bangunan bertingkat. Alat ini berfungsi untuk mengangkat (lifting) atau mengangkut material atau bahan ke tempat yang lebih tinggi. Alat mekanis ini juga difungsikan untuk memindahkan material atau bahan ke tempat lain yang masih dalam jangkauan rotasi perputarannya.

#6.CONCRETE PUMP

Conrete Pump

Conrete Pump merupakan alat mekanis yang digunakan untuk mengirimkan atau menyalurkan dengan cara memompakan cairan beton yang lokasinya berada di tempat tinggi seperti pembangunan bangunan bertingkat. Alat ini juga berfungsi menyalurkan (transfering) cairan beton ke tempat yang lokasinya sulit dijangkau.

#7.BATCHING PLANT

Batching Plant

Alat ini adalah alat mekanis yang fungsinya untuk membuat cairan beton jadi (Ready Mix Concrete).  Biasanya alat ini dibangun atau dibuat jika lokasi proyek tersebut berada di pelosok atau daerah terpencil untuk memenuhi permintaan beton jadi di lokasi proyek tertentu.

#8.CLAMSELL

 Clamsell

Alat mekanis Clamsell mempunyai fungsi seperti Excavator yaitu alat gali dan alat muat. Perbedaannya ialah cara kerjanya, Clamsell bekerja memuat material dengan cara menjepit kedua bucket nya ketika akan mengambil material yang akan dimuat.

#9.DUMPTRUCK

Dump Truck 

Dump Truck sudah biasa kita lihat lalu lalang di jalan raya atau di lokasi proyek dengan membawa material tanah atau batuan. Alat ini memang berfungsi sebagai alat angkut baik material bersifat keras seperti batuan atau pun bersifat lunak seperti tanah. Dump Truck mempunyai kelebihan pada daya angkut atau daya jelajah dari jarak dekat sampai dengan jarak jauh.

#10.WHEEL LOADER

Wheel Loader 

Wheel Loader adalah alat mekanis yang digunakan sebagai alat muat untuk memindahkan material tanah atau batuan yang berukuran kecil yang berasal dari alat angkut seperti Dump Truck atau material yang sudah dikumpulkan sebelumnya. 

#11.DIESEL HAMMER

Diesel Hammer

Alat ini berfungsi sebagai alat pemancang tiang pondasi untuk bangunan bertingkat yang bersifat  sederhana, lebih ekonomis, mudah digunakan atau moving alat ke daerah terpencil.

Sekian ulasan singkat berbagai jenis alat mekanis yang biasa kita lihat di lokasi proyek konstruksi, penggalian dan pertambangan. Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Peralatan Mekanis yang Digunakan di Proyek Konstruksi dan Pertambangan Beserta Fungsinya"