Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Berbagai Warna Helm Safety dan Fungsinya

Ilustrasi Kegiatan Konstruksi Bangunan

Pernahkah anda melihat proyek pembangunan gedung bertingkat, proyek pembangunan jalan raya atau jalan tol, proyek pertambangan atau proyek dengan skala yang cukup besar?, Saya yakin anda pernah melihatnya walaupun hanya sekilas.

Sekarang coba anda ingat apa yang pertama kali anda perhatikan, kalau saya pasti memperhatikan apa yang sedang dikerjakan atau dibangun, yang kedua ialah orang - orang yang sedang mengerjakannya atau pekerja nya.

Ketika anda memperhatikan pekerja yang sedang melakukan aktivitasnya, tidak lupa pekerja selalu mengenakan helm safety atau helm keselamatan yang memiliki warna yang berbeda - beda, baik itu warna putih, kuning, merah dan lain sebagainya.

Nah, muncul pertanyaan apa sih fungsi dari mengenakan helm safety tersebut sehingga harus digunakan setiap saat. Kemudian kenapa warna helm safety berbeda - beda?.

Helm safety merupakan salah satu kebijakan dan kewajiban setiap perusahaan yang mempekerjakan karyawan di lokasi proyek yang wajib menggunakan helm safety yang bertujuan untuk mengurangi resiko dan dampak kecelakaan kerja.

Helm safety merupakan salah satu bagian dari APD (Alat Pelindung Diri) sesuai dengan anjuran dan peraturan pemerintah. Fungsi dari helm safety ialah :

1. Untuk melindungi bagian kepala dari sinar panas matahari dan air  sewaktu bekerja dibawah terik matahari dan hujan.
2. Untuk melindungi bagian kepala dari jatuhan benda padat kecil (baut) dan benda tajam dari atas.
3. Untuk melindungi bagian kepala dari benda padat kecil atau tajam dari arah samping dan belakang kepala seperti benturan dan benda yang melayang.

Tujuan warna helm safety berbeda -beda ialah untuk menunjukkan posisi atau jabatan pekerjaan yang dipegang dari orang yang menggunakan helm safety tersebut.

Secara umum ada 6 warna yang biasa digunakan di lokasi proyek konstruksi, pabrik dan proyek pertambangan. Apakah warna - warna tersebut dan pengertiannya.

1. Helm Safety warna Putih dipakai oleh jabatan manajer, pengawas, insinyur dan mandor. Biasanya orang yang mengenakan helm ini memegang posisi tertinggi di dalam proyek tersebut.

krisbow.com
2. Helm Safety warna Biru dipakai oleh jabatan site supervisor, electrical kontraktor atau pengawas sementara.

krisbow.com
3. Helm Safety warna Kuning dipakai oleh jabatan sub kontraktor dan pekerja umum.

krisbow.com
4. Helm Safety warna Hijau dipakai oleh jabatan pengawas lingkungan.

krisbow.com
5. Helm Safety warna Merah dipakai oleh jabatan safety officer yaitu orang yang bertanggung jawab untuk memeriksa dan memastikan sistem keselamatan kerja sudah terpasang dengan benar dan dijalankan dengan benar.

krisbow.com
6. Helm Safety warna Orange dipakai oleh jabatan tamu atau visitor perusahaan.

krisbow.com

Helm safety memiliki jenis dan spesifikasi tergantung dari pekerjaan yang sedang dikerjakan, segi kenyamanan helm dan kekuatan helm safety tersebut.

Sehingga helm safety memiliki standarisasi baik dari standar nasional maupun internasioal, seperti di Indonesia helm safety biasanya menggunakan Standar SNI ( Standar Nasional Indonesia) atau BSN (Badan Standarisasi Nasional). 

Untuk standar internasional biasanya helm safety menggunakan standar ANSI (American National Standards Institute) dan Standar ISO 9001 (International Organization for Standardization).

Demikian ulasan singkat mengenai warna helm safety dan fungsinya. Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Mengenal Berbagai Warna Helm Safety dan Fungsinya"