Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Akhirnya Indonesia Memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terbesar, Dimanakah Letaknya?

Hamparan Panel Surya 

Setelah sekian lama Indonesia menanti - nanti adanya investor atau pemodal (penanam modal) yang berniat membangun fasilitas pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) segera dibangun di negeri ini, akhirnya terjawab sudah.

Sempat beredar kabar bahwa akan adanya rencana pemerintah pembangunan PLTS di salah satu bendungan terbesar di Indonesia yaitu PLTA Cirata, yang terletak di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Diproyeksikan akan menjadi PLTS terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.


Memanfaatkan waduk (danau buatan) PLTS Cirata yang memiliki luas sekitar 62 km2 (kilometer persegi). Rencananya panel surya atau alat penangkap panas matahari akan dipasang secara terapung diatas sekitar waduk tersebut.

Pemanfaatan ini sangat menguntungkan dari segi cost/biaya, kenapa seperti itu?, salah satu alasannya ialah tidak membutuhkan lagi dana dan proses pembebasan lahan (land acquisition) untuk tempat konstruksi penempatan panel surya.

Namun, rencananya pembangunan PLTS di Cirata, sudah didahului oleh pembangunan PLTS Likupang di Desa Wineru, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara.

PLTS ini sudah dalam status COD (Commercial Operating Date) atau sudah berada pada status produksi yaitu sudah mengalirkan listrik kepada konsumen pada tahun 2019. Listriknya secara otomatis terintegrasi dengan jaringan listrik perusahaan listrik negara (PLN)

Peta Lokasi PLTS (Vena Energy)

Investor yang berani dan berhasil menggelontorkan dana untuk PLTS ini ialah Vena Energy. Beradasarkan situs resminya, perusahaan ini bergerak dalam bidang investasi dan produsen energi listrik yang bersumber dari energi baru terbarukan seperti PLTS (surya) dan PLTB (bayu/angin).

Sebelumnya perusahaan ini juga telah menyelesaikan pembangunan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) di daerah Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan. Commercial Operating Date pada tahun 2019 yang memiliki kapasitas terpasang sebesar 72 MW (Megawatt).


Profil Pembangkit Listrik Tenaga Surya Likupang/PLTS Likupang

Berdasarkan keterangan resmi pemerintah Indonesia melalui Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral, Direktorat EBTKE, PLTS ini memiliki kapasitas terpasang 21 MW. Namun saat ini hanya mampu menghasilkan listrik sebesar 15 MW atau tergantung dari energi panas yang diperoleh oleh panel surya.

PLTS ini memiliki sekitar 64.620 panel surya yang terpasang di areal lahan seluas 29 hektar. PLTS ini diklaim mampu mendistribusikan pasokan listrik untuk 15.000 rumah tangga.

Pembangkit listrik tenaga surya adalah salah satu pembangkit listrik dengan teknologi mengubah energi panas matahari yang disebut dengan Photovoltaic (PV) yang diubah menjadi energi listrik.


Untuk lebih lengkapnya mengenai PLTS anda dapat membacanya di artikel saya sebelumnya di link berikut Apakah Pembangkit Listrik Tenaga Surya itu dan Bagaimana Sistem Kerjanya ?.

Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Indonesia

PLTS merupakan salah potensi yang harus dimanfaatkan secara luas terutama di Indonesia. PLTS merupakan sumber energi yang dapat diterapkan di seluruh pelosok negeri. Terutama Indonesia yang terletak di garis katulistiwa yang hampir seluruh wilayahnya mendapat pasokan sinar matahari.

Teknologi PLTS juga dapat menjadi solusi untuk mengurangi ketergantungan Indonesia atau setiap negara, terhadap sumber energi listrik yang berasal dari fosil seperti batubara, minyak dan gas bumi.

Waduk Cirata (ANTARA/Raisan Al Farisi)

Rencana pembangunan PLTS di waduk Cirata juga menjadi terobosan yang sangat perlu direalisasikan segera mungkin. PLTS ini direncanakan akan lebih besar kapasitasnya dibanding yang sudah terbangun saat ini. Jika, pembangunan ini berhasil maka bisa diaplikasikan di waduk - waduk besar di Indonesia.

Namun semua investasi proyek energi listrik membutuhkan dana yang cukup besar. Kemudian harga jual beli listrik atau Power Purchase Egreement (PPA) dengan PLN menjadi kendala saat ini selain kendala teknis.

Kita berharap pemerintah memberikan kemudahan dan ruang yang luas kepada setiap investor, terutama produsen listrik swasta (Independent Power Producer/IPP) untuk berinvestasi di negeri ini. Terutama dari segi perizinan, lahan, pendanaan dan dari segi bisnis.

Demikian ulasan singkat mengenai PLTS likupang yang menjadi PLTS terbesar di Indonesia saat ini. Semoga Bermanfaat.


Dp.

Post a Comment for "Akhirnya Indonesia Memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terbesar, Dimanakah Letaknya?"